Saturday, 15 December 2018

Kursus Calon Pengantin

Kursus calon pengantin (Suscatin) atau sering juga disebut bimbingan perkawinan pra nikah merupakan salah satu program pemerintah lewat KUA yang bertujuan untuk memberikan wawasan terhadap calon pengantin agar kelak siap secara lahir dan batin untuk membina rumah tangga, dan yang paling penting adalah mencegah perceraian.

Materi wajib yang diberikan pada Bimbingan Perkawinan ada 8, yaitu,
1. Membangun Landasan Keluarga Sakinah
2. Merencanakan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah,
3. Dinamika Perkawinan,
4. Kebutuhan Keluarga,
5. Kesehatan Keluarga,
6. Membangun Generasi Yang Berkualitas,
7. Ketahanan Keluarga Dalam Menghadapi Tantangan Kekinian
8. Mengenali dan Menggunakan Hukum Untuk Melindungi Perkawinan Keluarga.

Photo by Josh Felise on Unsplash
Nah dengan mendapatkan materi-materi tersebut, diharapkan kamu bisa menyatukan visimu dan pasangan untuk pernikahan agar kelak bisa membina rumah tangga dengan satu tujuan. Kalian akan memahami peran dan tanggung jawab masing-masing dalam rumah tangga. Nggak bakal ada saling tunjuk nantinya.

Kelak kalian pun bakal lebih jeli mengurus finansial rumah tangga. Jadi lebih paham tentang kesehatan reproduksi dan perawatannya termasuk merencanakan kehamilan, serta kemampuanmu dan pasangan dalam menyelesaikan konflik rumah tangga jadi lebih baik

Suscatin itu wajib atau tidak?
Program ini tergantung KUA di masing-masing daerah sih.. Ada yang sudah mewajibkan, ada juga yang belum menaruh programnya. Namun jika KUA di tempatmu menyelenggarakan Suscatin, nggak ada salahnya lho kamu menyempatkan waktu barang setengah hari untuk mengikuti suscatin, paling banter sebulan dua sampai tiga kali sebelum hari-H pernikahan.

No comments:

Post a Comment