Tuesday, 7 August 2018

Tips dan Kiat Mengadakan Resepsi Pernikahan di Rumah



Resepsi pernikahan, merupakan acara puncak yang dilakukan oleh para pengantin dalam melengkapi prosesi pernikahan. Mulai dari konsep acara, pemilihan tempat, dekorasi, hidangan pesta, tata rias hingga souvenir menjadi urutan kebutuhan dari acara resepsi. 

Pesta yang digelar di rumah bisa tidak kalah meriahnya dengan pesta yang diadakan di gedung kok. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menyiasati agar pesta di rumah tetap berkesan. Berikut tips jika ingin mengadakan pesta di rumah, dan kiat membuatnya tak kalah meriah dengan pesta di gedung.

Bersihkan rumah dan sekitarnya, bila perlu lakukan renovasi kecil

Sebelum mengadakan acara resepsi sebaiknya kamu membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, hal ini sangat disarankan karena kebersihan tersebut akan mencerminkan pribadimu. Lingkungan yang bersih juga akan membuat tamu undangan nyaman ketika menghadiri acara resepsi. Karena rumah kita akan menjadi sorotan banyak orang, tidak ada salahnya melakukan renovasi kecil. Misalnya mengecat rumah kembali, merapikan ruangan dan membuang barang-barang yang tidak diperlukan lagi agar memberi lebih banyak ruang.

Minta izin kepada tetangga, RT atau RW

Kamu bisa meminta izin atau persetujuan kepada tetangga sekitar jika ingin mengadakan resepsi di rumah, hal ini dikarenakan kamu akan menutup beberapa akses jalan menuju rumah mereka atau akan menganggu jam istirahat mereka. Kamu juga bisa melibatkan beberapa tetangga sebagai panitia resepsi pernikahanmu.

Realistis dalam menyebar undangan

Menyelenggarakan resepsi pernikahan di rumah tentu berbeda dengan di gedung maupun hotel. Dengan ukurannya yang nggak cukup luas untuk sebuah pesta, kamu perlu memikirkan dengan baik jumlah undangannya. Meskipun masih bisa memanfaatkan halaman maupun jalanan depan rumah, tetap aja terasa kurang. Oleh karena itu, pikirkan dengan cermat jumlah undangan, ya.

Kalau harus mengundang banyak tamu, pisahkan mereka sesuai jamnya

Banyaknya orang yang kamu kenal dan cukup akrab, nggak mungkin dihilangkan dari daftar undangan. Kamu masih bisa mengundang mereka dengan kategori: teman, keluarga, dan tamu orangtua. Setelahnya kamu bisa bicarakan bersama pasangan dan panitia (termasuk orangtua) untuk menentukan jam kedatangan setiap kategori. Dengan begitu, lokasi resepsi pernikahan di rumahmu nggak akan penuh sesak, dan masih nyaman bagi para tamu.

Persiapkan jumpah patokan listrik

Listrik menjadi salah satu kebutuhan primer untuk kelangsungan acara resepsimu, oleh karena itu pastikan kamu telah melengkapi beberapa sumber daya listrik untuk kebutuhan acaramu. Jangan sampai ketika acara sedang berlangsung listrik rumahmu padam karena kamu tidak melakukan persiapan dengan baik dan mengecek ulang persiapan.

Pilih Dekorasi dan Tema Pernikahan

Usahakan jangan terlalu banyak barang. Pilihlah dekorasi yang tetap enak dipandang, nggak ribet, dan yang paling penting nggak menghabiskan tempat. Pastikan pencahayaan dan sirkulasi udara cukup karena tak jarang tamu undangan merasa gerah dan tidak nyaman ketika menghadiri resepsi pernikahan di rumah. Jika ingin membuatnya elegan usahakan jangan menggunakan terlalu banyak warna, maksimal 2 warna saja. Jangan biarkan halaman atau pagar rumahmu terlihat biasa saja karena ini akan menjadi kesan pertama tamu pada saat mereka datang. Pikatlah dengan hiasan di depan pintu kedatangan .Hal-hal ini akan membuat pestamu tak kalah istimewa karena semua dekorasinya seirama dan memiliki konsep yang matang

Pikirkan lahan parkir untuk para tamu yang membawa kendaraan

Tamu yang datang bukan hanya tetangga saja, kan? Nah, kamu harus menyiapkan lahan parkir untuk tamu yang membawa kendaraan ya! Jangan lupa juga menentukan orang yang akan menjaga area.

Sound system musik jangan sampai mengganggu tetangga

Musik memang bisa membuat suasana pesta menjadi meriah, seringkali suaranya dibesarkan. Alangkah baiknya kalau volume sound system disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal. Tentu kita tak ingin acara kita menjadi gunjingan tetangga.

Kalau bisa sediakan photo booth sederhana di pojokan acara

Kamu tetap bisa memiliki photo booth sendiri kok meski menggelar pesta di rumah. Idealnya photo booth di letakkan di dekat pintu kedatangan. Kamu bisa mengira-ngira bagian mana yang paling pas digunakan sebagai photo booth.


Mengadakan pernikahan di rumah memang sarat akan kesederhanaan dan kehangatan. Nggak hanya antar keluarga besar pasangan aja, tapi juga para tamu yang hadir. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar pernikahan nanti berjalan dengan lancar. Tentu, selain kesenangan kalian berdua, keluarga, dan panitia, kesan bahagia dari para tamu yang hadir juga kamu harapkan, bukan?

No comments:

Post a Comment