Thursday, 26 July 2018

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Acara Lamaran


Sebelum dilangsungkan acara pernikahan, ada tahapan yang harus dilakukan oleh kamu yang ingin menikah yaitu lamaran. Lamaran sending terdiri dari dua tahapan.

Tahapan yang pertama adalah lamaran informal, dimana si pasangan laki-laki datang menemui orang tua atau wali kekasihnya dan mengutarakan kesiapannya untuk menikahi sang pujaan hati. Setelah mendapat persetujuan barulah kemudian ditetapkan waktu untuk dilakukan lamaran secara formal.

Di tahapan kedua ini (lamaran formal) dua keluarga besar dipertemukan secara resmi untuk saling berkenalan dan meminang mempelai wanita.

Buat kamu yang tengah berencana untuk menggelar acara lamaran, hal-hal berikut ini mesti kamu pikirkan dan persiapkan ya!

  1. Cincin.
    Harus dipersiapkan sebelum hari lamaran. Bagi sebagian pasangan, acara lamaran juga merupakan acara pertunangan. Agar cincin yang kamu bawa tersimpan rapi, siapkan juga kotak cincin yang menarik untuk menaruhnya.

  2. Siapkan Hantaran/Seserahan sebagai tanda pengikat.
    Pihak pria yang biasanya menyiapkan hantaran saat akan melamar. Bila kamu bingung tentang barang yang akan kamu jadikan hantaran, tanyakan saja pada pasanganmu atau keluargamu yang sudah berpengalaman. Biasanya seserahan terdiri dari beberapa macam barang-barang dan juga makanan, peralatan ibadah, perhiasan, serta pakaian/sepatu. Yang terakhir ini sebaiknya si wanita sendiri yang memilih agar sesuai dengan ukurannya.

  3. Pilih anggota keluarga besar  yang akan diundang di acara lamaran nanti. Pada prosesi lamaran, tak harus semua keluarga besar kamu undang jika memang memiliki keterbasan budget. Undang saja anggota keluarga yang menurutmu berperan penting dalam acara lamaran atau undang yang dekat denganmu.

  4. Agar terlihat kompak, tak ada salahnya mempersiapkan seragam untuk keluarga minimal untuk kedua orangtua.

  5. Tentukan siapa yang akan menjadi perwakikan keluarga saat melamar. Dari pihak pria maupun wanita lazimnya menunjuk satu orang pembicara atau yang menyambut, melakukan ramah tamah di hadapan keluarga besar yang datang. 

  6. Persiapkan biaya transportasi dan akomodasi jika calonmu tinggal di kota yang berjauhan. Hitung terlebih dahulu keluarga yang akan ikut ke acara lamaran, baru perkirakan kendaraan yang akan digunakan. Usahakan untuk membuat senyaman mungkin keluarga yang ikut menemani ke acara lamaran.
Itulah beberapa persiapan yang bisa kamu pikirkan jauh-jauh hari sebelum hari lamaran. Tidak perlu semuanya mesti ada, semuanya tergantung kesepakatan dan budget yang tersedia. Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, semoga prosesi lamaranmu dengan pasangan berjalan lancar ya!

No comments:

Post a Comment