Thursday, 24 May 2018

Pelaminan Berkonsep Betawi Kolonial Untuk Resepsi Pernikahan Adat Betawi

Dekorasi pelaminan merupakan salah satu elemen dari sebuah pesta pernikahan. Dekor yang menawan mampu menggambarkan suasana wedding yang glamor, cantik, maupun simpel. Seiring perjalanan waktu, gaya dekorasi nasional dan internasional pun mengalami perkembangan yang luar biasa. Tak hanya bentuk klasik yang masih berpedoman dengan gaya terkini, kini dekorasi pun dapat menjadi sangat kreatif dengan gaya semi-nasional. Contohnya adalah dekorasi bergaya Betawi Kolonia.

Sebenarnya gaya dekorasi Betawi Kolonial juga termasuk tema internasional. Dikarenakan cikal bakal dekorasi ini terinspirasi dari rumah pejabat atau menir menir Belanda yang tinggal di Jakarta pada zaman penjajahan. Sampai sekarang gaya rumah seperti kolonial menjadi panutan bersejarah bagi adat Betawi.

Pelaminan bergaya Betawi Kolonial berwarna putih yang bersejarah dengan penggambaran rumah kolonial pada zaman dulu.
Atap yang megah membuat suasana menjadi lebih luas, lalu tak lupa dihiasi dengan ukiran motif dan gigi balang asal adat betawi. Kursi pelaminan dan standing flower yang terlihat bersejarah menambah kesan yang amat kolonial. Jendela kotak pun menjadi pelengkap penggambaran pelaminan Betawi Kolonial ini. Taman kecil dengan sarang burung terhampar di depan, dan tidak lupa lampu gantung dan juga lighting yang membuat pelaminan menjadi lebih berkilau.